Pemerintah Kota Probolinggo Melalui BKPSDM Selenggarakan Ujian Dinas Tingkat I Dan Tingkat II Tahun 2019

Kegiatan Ujian Dinaimage002s Tingkat I dan II ini diselenggarakan  selama 2(dua) hari mulai tanggal 29 -30 April 2019 di Ruang Pertemuan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Probolinggo. Dalam penyelenggaraan Ujian Dinas tahun ini, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Probolinggo bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Merdeka Malang dalam penyedian jasa pengolahan naskah soal dinas hingga pelaporannya.

Adapun Peserta Ujian Dinas tingkat I dan II ini terdiri dari PNS  yang tidak memiliki ijazah S1 bagi peserta Ujian Dinas Tingkat I dan  Ijazah S2 bagi peserta Ujian Dinas Tingkat II yang masing-masing berjumlah 18 orang untuk Ujian Dinas Tingkat I dan 4 orang untuk Ujian Dinas Tingkat II lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo. Adapun maksud dan tujuan Adapun maksud Kegiatan Ujian Dinas dan Penyesuaian Ijazah mempunyai maksud untuk mengevaluasi kelayakan dari Pegawai Negeri Sipil yang berpangkat Pengatur Tingkat I, golongan ruang II/d  untuk Ujian Dinas Tingkat I dan Penata Tingkat I, golongan ruang III/d untuk Ujian Dinas Tingkat II. Untuk dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi sesuai pesyaratan administrasi yang di atur dalam peraturan kepegawaian yang berlaku.Tujuan diselenggarakan Ujian Dinas adalah untuk mengetahui dan mengukur tingkat kemampuan setiap Pegawai Negeri Sipil yang akan naik pangkat/golongan yang lebih tinggi yang telah ditentukan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Latar Belakang penyelenggaraan ujian dinas ini berawal pemahaman bahwa Pegawai Negeri Sipil adalah unsur utama sumberdaya manusia aparatur negara yang mempunyai peran sangat penting dalam mengemban tugas pemerintahan dan pembangunan sekaligus diharapkan menjadi motor penggerak dalam reformasi birokrasi. Keberhasilan tugas-tugas pemerintahan salah satunya ditentukan oleh kemampuan Pegawai Negeri Sipil baik kemampuan dari sisi kuantitas maupun kualitas Pegawai Negeri Sipil. Sejalan dengan kompleksnya tugas-tugas pemerintahan, dimana pemerintahan pusat telah melimpahkan sebagaian wewenang dan tugasnya kepada pemerintah daerah. Salah satu pelimpahan tugas tersebut adalah mengenai wewenang dalam pengelolaan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan pemerintah daerah. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, maka peran pemerintah daerah khususnya dalam rangka mengembangkan karir kepegawaian dari PNS menjadi kewenangan pemerintahan propinsi dan pemerintahan kabupaten/kota. Sehubungan dengan hal tersebut maka Pegawai Negeri Sipil yang berpangkat Pengatur Tingkat I (golongan ruang II/d) dan Penata Tingkat I (golongan ruang III/d) untuk dapat dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi disamping harus memenuhi syarat yang ditentukan dan harus  lulus ujian dinas. Adapun materi i ujian terdiri dari ujian tulis dan ujian wawancara (karya tulis).  Adapun materi ujian tulis berdasarkan hari pelaksanaan ujian dinas adalah sebagai berikut :

  1. Ujian Dinas Tingkat I
    • Pancasila
    • UUD 1945 yang diamandemen
    • KORPRI
    • Pengetahuan Perkantoran
    • Tupoksi
    • Bahasa Indonesia
    • Sejarah Indonesia
  2. Ujian Dinas Tingkat II
    • Pancasila
    • UUD 1945 yang diamandemen
    • KORPRI
    • Manajemen dan Kepemimpinan
    • Tupoksi
    • Bahasa Indonesia
    • Sejarah Indonesia
    • Perkembangan Politik Dalam Negeri, Ekonomi dan Pembangunan
    • Karya Tulis

 image003

image005

image007

Poling Kepegawaian

Apakah Website Ini Membantu Anda Mendapatkan Informasi Tentang Kepegawaian ?

Ya, Sangat Membantu - 53.6%
Ya, Membantu - 26.2%
Biasa Saja - 10.7%
Tidak, Kurang Membantu - 6%
Sangat Tidak Membantu - 3.6%

Total votes: 84
The voting for this poll has ended on: 31 Mei 2018 - 00:00

Pengunjung Web

000482709
Today
Yesterday
This Week
Last Week
All days
79
216
2820
1675
482709

Your IP: 3.226.251.205
Server Time: 2019-08-17 22:16:48

Login Kotak Surat



Kontak Kami

contact

Alamat

: Jl. Mastrip No 120 Kota Probolinggo          

Email

: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Telepon

: (0335) 425077       Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Fax

: (0335) 437004  

Website

: http://bkpsdm.probolinggokota.go.id