Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 Tentang penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pemerntah Kota Probolinggo

nimage002Rabu, 23 Oktober 2019, Undang-Undang ASN mengatur mengenai penilaian kinerja yang bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang didasarkan system prestasi dan system karier. Undang-Undang ASN juga mengamanatkan agar penilaian kinerja PNS dilakukan secara objektif, terukur, akuntabel, partisipasif dan transparan. Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 diterbitkan untuk melaksanakan ketentuan yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Mewujudkan Aparatur Sipil Negara Yang Profesional, Kompeten Dan Kompetitif Sebagai Bagian Dari Reformasi Birokrasi. Aparatur Sipil Negara sebagai profesi yang memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan wajib mempertanggung jawabkan kinerjanya dan menerapkan prinsip merit dalam pelaksanaan manajemen aparatur sipil negara.

Pemerintah Kota Probolinggo menyadari bahwa upaya meningkatkan kualitas SDM aparatur harus terus dilakukan guna bersaing menciptakan kinerja yang lebih baik lagi. Melalui Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Probolinggo telah dilaksanakan sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 tentang penilaian prestasi kerja pegawai negeri sipil pada hari Rabu, Tanggal 23 Oktober 2019 di Gedung Serba Guna Paseban Sena yang diikuti oleh 145 (seratus empat puluh lima) orang yang terdiri dari  Kasubag TU/Pengelola Kepegawaian, Kepala Sekolah/TU, Dan  Kepala UPT Puskesmas. Acara dibuka langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Probolinggo Bapak Drs. Rachma Deta Antariksa, M.Si. Maksud dan tujuan sosialisasi ini adalah guna meningkatkan pemahaman dan ketertiban dalam penyusunan sasaran kerja pegawai dan penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo, karena penilaian kinerja merupakan salah satu indikator dalam penilaian indeks profesionalisme.

Dalam kegiatan, BKPSDM Kota Probolinggo menghadirkan narasumber dari Kantor Regional II BKN Surabaya Bapak Winarno, S.Ip, disampaikan bahwa, penilaian kinerja merupakan suatu proses rangkaian dalam sistem manajemen kinerja PNS, berawal dari penyusunan perencanaan kinerja yang merupakan proses penyusunan sasaran kinerja pegawai yang selanjutnya disingkat dengan SKP. Pelaksanaan pengukuran SKP dilakukan dengan cara membandingkan antara realisasi kinerja dengan target yang telah ditetapkan. Kemudian dilakukan penilaian kinerja yang merupakan gabungan antara penilaian SKP dan penilaian perilaku kerja dengan menggunakan data hasil pengukuran kinerja. Dalam melakukan penilaian dilakukan analisis terhadap hambatan pelaksanaan pekerjaan untuk mendapatkan umpan balik serta menyusun rekomendasi perbaikan dan menetapkan hasil penilaian.nimage004
Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS ini mengatur antara lain substansi penilaian kinerja PNS yang terdiri atas penilaian perilaku kerja dan penilaian kinerja PNS, pembobotan penilaian SKP dan perilaku kerja PNS, pejabat penilai dan tim penilai kinerja pns, tata cara penilaian, tindak lanjut penilaian berupa pelaporan kinerja, pemeringkatan kinerja, penghargaan kinerja dan sanksi serta keberatan, dan sistem informasi kinerja PNS. Keberhasilan dari pelaksanaan sistem manajemen kinerja PNS dalam peraturan pemerintah ini sangat tergantung kepada pelaksanaan sistem-sistem lain yaitu pelaksanaan rencana strategis instansi pemerintah, rencana kerja tahunan, perjanjian kinerja, organisasi dan tata kerja, dan uraian jabatan.

Poling Kepegawaian

Apakah Website Ini Membantu Anda Mendapatkan Informasi Tentang Kepegawaian ?

Ya, Sangat Membantu - 53.6%
Ya, Membantu - 26.2%
Biasa Saja - 10.7%
Tidak, Kurang Membantu - 6%
Sangat Tidak Membantu - 3.6%

Total votes: 84
The voting for this poll has ended on: 31 Mei 2018 - 00:00

Pengunjung Web

000524482
Today
Yesterday
This Week
Last Week
All days
1968
2296
22625
1984
524482

Your IP: 34.236.171.181
Server Time: 2019-11-15 19:52:29

Login Kotak Surat



Kontak Kami

contact

Alamat

: Jl. Mastrip No 120 Kota Probolinggo          

Email

: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Telepon

: (0335) 425077       Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Fax

: (0335) 437004  

Website

: http://bkpsdm.probolinggokota.go.id