Diseminasi Layanan Kesejahteraan dan Pembekalan bagi PNS yang mendekati BUP

fixMasa pensiun seorang Pegawai Negeri Sipil dihadapkan pada suatu kondisi yang bukan saja terkait soal manajemen waktu, dimana semula padat dengan pekerjaan menjadi sedemikian longgar, namun demikian juga terkait dengan masalah psikologi, yaitu kesiapan mental dan kemampuan untuk mengatur kebutuhan finansial yang senantiasa bergerak dinamis. Seorang Pegawai Negeri Sipil yang telah memasuki Batas Usia Pensiun dapat lebih meluangkan waktunya dengan keluarga meskipun secara produktivitas tidak dapat menghasilkan sesuatu yang lebih bagi keluarganya. Dengan demikian, dalam proses manajemen kepegawaian seorang Pegawai Negeri Sipil harus memiliki bekal untuk menghadapi masa-masa pensiun, dimana secara tidak langsung mampu meminimalisir munculnya post power sydrome. Gejala post power syndrome ini apabila tidak dikelola secara baik oleh Pegawai Negeri Sipil yang akan mendekati pensiun akan berdampak negatif bagi Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan manakala tidak ada persiapan sebelumnya. Guna menyikapi hal tersebut, maka diperlukan adanya eksistensi diri yang harus tetap dijaga sehingga dapat terus berkarya dan produktif. Terlebih lagi dengan adanya tuntutan reformasi birokrasi, dimana setiap Aparatur Sipil Negara dituntut untuk harus dapat mengubah pola pikir yang lama menjadi lebih maju, profesional, dan inovatif sehingga dapat menerima perubahan dengan manajemen diri yang baik.


Sehubungan dengan beberapa pertimbangan sebagaimana tersebut di atas serta untuk menyampaikan informasi terkait produk layanan apa saja yang nantinya diterima oleh Pegawai Negeri Sipil yang memasuki Batas Usia Pensiun dan sebagai upaya persiapan bagi Pegawai Negeri Sipil dalam menghadapi masa pensiun, maka Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Probolinggo menyelenggarakan Kegiatan Diseminasi Layanan Kesejahteraan dan Pembekalan bagi Pegawai Negeri Sipil yang mendekati Batas Usia Pensiun di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2020 pada Hari Kamis Tanggal 05 Maret 2020 bertempat di Ruang Puri Manggala Bhakti Kantor Wali Kota Probolinggo yang berlokasi di Jalan Panglima Sudirman Nomor 19 Probolinggo. Terdapat beberapa Narasumber yang turut memberikan kontribusi masing-masing pada kegiatan tersebut, diantaranya :

  • Ibu Dr. UMI DAYATI, M.MPd. dari Universitas Negeri Malang yang memberikan pembekalan mengenai motivasi psikologis dengan topik Bagaimana Menyiapkan Mental Psikologis Pegawai Negeri Sipil yang akan memasuki Masa Purna Tugas sehingga mampu menghindari Post Power Syndrome melalui Kegiatan Menata Hidup untuk Mewujudkan Bahagia Sejati. Pada kesempatan tersebut, Beliau menyampaikan bahwa mungkin memang benar bahwa masa pensiun menjadi tanggung jawab setiap individu untuk menata dan mempersiapkannya dengan sebaik mungkin. Banyak sekali keterkejutan yang terjadi pada diri orang-orang yang menjalani periode pensiunnya tanpa memiliki kemungkinan penghasilan yang tetap dan memadai sehingga pada akhirnya orang-orang yang seharusnya dapat menikmati masa istirahatnya tersebut justru harus kembali memutar otak, bekerja keras, dan banting tulang untuk memenuhi kebutuhannya dan juga keluarganya. Tentu hal ini akan menjadi persoalan yang krusial manakalah kita tidak memiliki persiapan yang matang, jangan pernah mengeluh pada keadaan bersikaplah optimis dalam melangkah hidup agar nanti dapat mewujudkan kebahagiaan yang sejati.
  • Bapak Sudarso dan Ibu Eny Purwanti dari PT. TASPEN (Persero) Kantor Cabang Malang yang menyampaikan materi mengenai Informasi Layanan Kesejahteraan bagi Pegawai Negeri Sipil yang akan memasuki Batas Usia Pensiun. Pada kesempatan tersebut, Bapak Sudarso menyampaikan bahwa untuk memberi kemudahan dalam pelayanan pasca purna tugas, diharapkan Peserta Taspen, khususnya bagi Pegawai Negeri Sipil yang masih aktif agar selalu proaktif dalam melakukan pengendalian terhadap hak-hak kepegawaian khususnya masalah kesejahteraan. Hal ini dimaksudkan agar setiap Pegawai Negeri Sipil yang memasuki Batas Usia Pensiun tidak dihadapkan oleh permasalahan ke depan sebab masih harus mengembalikan hak-hak yang pernah diterimanya. Selain itu, Beliau menyampaikan bahwa Pegawai Negeri Sipil yang memasuki Batas Usia Pensiun secara sekilas memang tingkat kesejahteraannya akan berkurang namun dalam implementasinya selama menjalani masa pensiun akan tetap memperoleh layanan kesejahteraan pasca pensiun melalui program perlindungan yang ditawarkan oleh PT. TASPEN (Persero). Oleh karena itu, Beliau menyampaikan motivasi kepada peserta agar jangan menjadikan pensiun sebagai suatu alasan untuk berhenti berkarya dan berinovasi, namun justru dijadikan sebagai motivasi untuk memulai kondisi kehidupan baru dengan segala sesuatu yang bermanfaat tidak hanya bagi kita sendiri tetapi juga bermanfaat bagi orang lain. Selanjutnya, PT. TASPEN (Persero) melalui Ibu Eny Purwanti menyampaikan Program TASPEN yang lain yang dinamai Program TASPEN Dwi Sejahtera, dimana perlindungan ini digunakan sebagai upaya penjaminan bagi Pegawai Negeri Sipil yang memasuki Batas Usia Pensiun selama 5 (lima) tahun terkait masalah Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Hal ini dikarenakan setelah Pegawai Negeri Sipil memasuki Batas Usia Pensiun, maka hak-hak terkait Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian sudah dicabut sehingga tidak ada lagi jaminan perlindungan yang akan diterima oleh seorang Pegawai Negeri Sipil yang memasuki Batas Usia Pensiun. Melalui Program TASPEN Dwi Sejahtera ini akan memberikan keuntungan tidak hanya bagi Pegawai Negeri Sipil yang memasuki Batas Usia Pensiun tersebut saja namun juga dapat mengcover seluruh anggota keluarga yang masih menjadi tanggungannya.
  • Ibu dr. Ike Yuliana dari UPT. Puskesmas Kanigaran pada Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Probolinggo yang menyampaikan materi mengenai Manajamen Kesehatan di Usia Senja. Pada kesempatan tersebut, Beliau lebih menekankan pada masalah pola hidup sehat bagi usia senja, serta hal-hal yang perlu dibiasakan dalam pola hidup sehat bagi Pegawai Negeri Sipil yang memasuki Batas Usia Pensiun agar kesegaran dan kesehatan pasca pensiun, baik secara mental maupun fisik tetap terjaga. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi faktor resiko penyakit pada usia senja. (moch@_’97)

 

Poling Kepegawaian

Apakah Website Ini Membantu Anda Mendapatkan Informasi Tentang Kepegawaian ?

Ya, Sangat Membantu - 53.6%
Ya, Membantu - 26.2%
Biasa Saja - 10.7%
Tidak, Kurang Membantu - 6%
Sangat Tidak Membantu - 3.6%

Total votes: 84
The voting for this poll has ended on: 31 Mei 2018 - 00:00

Pengunjung Web

000699734
Today
Yesterday
This Week
Last Week
All days
85
202
1397
2676
699734

Your IP: 18.206.187.81
Server Time: 2020-06-05 10:42:34

Login Kotak Surat



Kontak Kami

contact

Alamat

: Jl. Mastrip No 120 Kota Probolinggo          

Email

: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Telepon

: (0335) 425077       Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Fax

: (0335) 437004  

Website

: http://bkpsdm.probolinggokota.go.id