Kegiatan Pembinaan Pranikah Bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo

pranikah1

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, pada Pasal 1 telah diatur bahwa, ”Perkawinan adalah ikatan lahir bathin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.” Selanjutnya, guna memperjelas berbagai ketentuan pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan khususnya bagi Pegawai Negeri Sipil, maka telah ditetapkan ketentuan teknis pelaksanannya melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 1990 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1983 tentang Izin Perkawinan dan Perceraian bagi Pegawai Negeri Sipil.


Pegawai Negeri Sipil merupakan abdi Negara dan pelayan masyarakat sehingga setiap Pegawai Negeri Sipil dituntut masyarakat untuk selalu bersikap dan berperilaku baik dalam berdinas maupun kesehariannya. Namun demikian, sebagai pribadi, seorang Pegawai Negeri Sipil tidak luput dari mengalami berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-harinya. Adapun salah satu permasalahan tersebut adalah perceraian, dimana perceraian ini secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh terhadap kinerja dari Pegawai Negeri Sipil yang Bersangkutan. Secara umum, berbagai permasalahan yang menjadi penyebab terjadinya perceraian pada kalangan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo sangatlah beragam, mulai dari ketidakcocokan dan kurangnya keharmonisan dalam rumah tangga, adanya Kekerasan Dalam Rumah Tangga, masalah perekonomian keluarga, hadirnya orang ketiga, dan sebagainya. Oleh karena itu, sebagai langkah preventif dalam mengurangi angka perceraian pada kalangan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo, maka Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Probolinggo beserta pihak-pihak terkait yang berwenang dan berkepentingan telah melaksanakan Kegiatan Pembinaan Pranikah kepada setiap Pegawai Negeri Sipil yang akan melangsungkan pernikahan.
Pada Kegiatan Pembinaan Pranikah tersebut, dihadirkan Pegawai Negeri Sipil beserta calon pasangannya yang didampingi oleh orang tua masing-masing pihak, dengan tujuan agar pihak keluarga memahami tugas dan kewajiban anak atau calon menantunya sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil, untuk kemudian dapat memberikan restu serta nasehat sehingga diharapkan dapat terwujud sebuah keluarga yang harmonis, bahagia, dan langgeng. Pihak-pihak terkait yang berwenang dan berkepentingan dalam Kegiatan Pembinaan Pranikah ini tergabung dalam Tim Pembina Pranikah, yang  terdiri dari :

  1. Unsur Pengawasan dari Inspektorat Kota Probolinggo;
  2. Unsur Kepegawaian dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Probolinggo; dan
  3. Unsur Atasan Langsung dari Pegawai Negeri Sipil yang akan melangsungkan pernikahan.

Dengan adanya ketiga unsur tersebut, diharapkan dapat memberikan nasehat dan motivasi bagi Pegawai Negeri Sipil yang akan melangsungkan pernikahan. Sedangkan materi yang diberikan pada Kegiatan Pembinaan Pranikah tersebut, meliputi :

  1. Pemutaran video motivasi pernikahan;
  2. Penyampaian ketentuan peraturan perundang-undangan tentang kepegawaian;
  3. Hak dan Kewajiban Suami / Istri;
  4. Pemberian informasi kepada pasangan yang bukan dari kalangan Pegawai Negeri Sipil agar dapat memahami pola kerja seorang Pegawai Negeri Sipil;
  5. Trik dan tips dalam menjalani perkawinan yang bahagia.

Poling Kepegawaian

Apakah Website Ini Membantu Anda Mendapatkan Informasi Tentang Kepegawaian ?

Ya, Sangat Membantu - 53.6%
Ya, Membantu - 26.2%
Biasa Saja - 10.7%
Tidak, Kurang Membantu - 6%
Sangat Tidak Membantu - 3.6%

Total votes: 84
The voting for this poll has ended on: 31 Mei 2018 - 00:00

Pengunjung Web

000883754
Today
Yesterday
This Week
Last Week
All days
386
527
1174
3106
883754

Your IP: 3.236.122.9
Server Time: 2021-05-11 16:33:29

Login Kotak Surat



Kontak Kami

contact

Alamat

: Jl. Mastrip No 120 Kota Probolinggo          

Email

: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Telepon

: (0335) 425077       Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Fax

: (0335) 437004  

Website

: http://bkpsdm.probolinggokota.go.id