KEPALA BKPSDM KOTA PROBOLINGGO 2
MOBIL LAYANAN TASPEN

e-kinerja

simpeg-new

Pengambilan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo

Sebanyak 115 orang Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo hasil rekrutmen dari Jalur Umum dan Honorer Kategori II Tahun 2018 mengikuti Prosesi Pengambilan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil di Ruang Puri Manggala Bhakti Kantor Wali Kota Probolinggo pada hari Senin, tanggal 17 Februari 2020.

pengambilan sumpah PNS

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, S.Pd., M.M., M.HP. selaku Pejabat yang Berwenang Mengambil Sumpah/Janji pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Prosesi Pengambilan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil itu merupakan agenda yang harus dipenuhi dalam tata kelola administrasi kepegawaian sebagaimana yang telah diatur dalam Pasal 66 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Pasal 39 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, dimana pada kedua ketentuan tersebut telah diamanahkan bahwa setiap Calon Pegawai Negeri Sipil yang diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil wajib mengucapkan sumpah/janji.

Wali Kota Probolinggo menekankan pada 2 hal yang menjadi esensi dari Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil itu sendiri, yaitu tanggung jawab dan konsekuensi terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi yang diemban oleh seorang Pegawai Aparatur Sipil Negara. Selain itu, seorang Pegawai Aparatur Sipil Negara juga dituntut untuk memiliki integritas dalam pelaksanaan tugasnya.

Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil merupakan pernyataan lahir dan bathin yang wajib dipatuhi dan ditepati secara pribadi terhadap bangsa dan negara, utamanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan mengikuti Prosesi Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil, para peserta diharapkan dapat merenungi dan membuka kembali memori perjalanan hidup dalam meniti karier menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil sampai mendapatkan kepercayaan untuk menduduki dan menyandang status sebagai Pegawai Negeri Sipil. Dengan demikian, proses pengangkatan menjadi Pegawai Negeri Sipil merupakan awal karier yang harus disyukuri, dijaga, dan dikembangkan. Oleh karena itu, diharapkan setiap peserta yang mengikuti Prosesi Pengambilan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil tersebut menghayati sekaligus memahami makna dari sumpah/janji yang telah diucapkan sehingga sumpah/janji tersebut bukan hanya menjadi pelengkap administrasi kepegawaian semata namun lebih dari itu sebagai salah satu unsur dari Aparatur Sipil Negara yang memiliki integritas, profesionalitas, netralitas, bebas dari berbagai macam bentuk intervensi politik dan mampu menyelenggarakan pelayanan publik kepada masyarakat.

Setelah prosesi Pengambilan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi kepada Calon Pegawai Negeri Sipil yang telah diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil. Materi dimaksud terkait dengan pemberian pemahaman mengenai mekanisme pengembangan kompetensi dan pengembangan karier bagi Pegawai Negeri Sipil yang baru diambil sumpah/janjinya. Kegiatan diakhiri dengan penyampaian Keputusan Pengangkatan menjadi Pegawai Negeri Sipil dan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Latihan Dasar. (moch@_’97)

LOGO copy 3
sakip

Poling Kepegawaian

Apakah Website Ini Membantu Anda Mendapatkan Informasi Tentang Kepegawaian ?

Ya, Sangat Membantu - 53.6%
Ya, Membantu - 26.2%
Biasa Saja - 10.7%
Tidak, Kurang Membantu - 6%
Sangat Tidak Membantu - 3.6%

Total votes: 84
The voting for this poll has ended on: 31 Mei 2018 - 00:00

Pengunjung Web

000715688
Today
Yesterday
This Week
Last Week
All days
223
565
3605
2588
715688

Your IP: 3.85.214.125
Server Time: 2020-07-11 19:22:13

Login Kotak Surat



Kontak Kami

contact

Alamat

: Jl. Mastrip No 120 Kota Probolinggo          

Email

: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Telepon

: (0335) 425077       Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Fax

: (0335) 437004  

Website

: http://bkpsdm.probolinggokota.go.id