Monday, Apr 22
  • Selamat datang
  • Visi
  • Misi

Pengambilan Sumpah Bagi Pegawai Negeri Sipil Dilingkungan Pemerintah Kota Probolinggo

Dalam rangka mengimplementasikan Manajemen Pegawai Negeri Sipil  sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Sipil khususnya pasal 39 ayat (1) bahwa “Setiap calon PNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah/janji”. Pemerintah Kota Probolinggo mengambil Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo yang dilaksanakan pada Hari Senin Tanggal 26 Februari 2024 bertempat di Command Center Kantor Wali Kota Probolinggo Jalan Panglima Sudirman Nomor 19 Kota Probolinggo. Pegawai Negeri Sipil yang diambil sumpah merupakan Pegawai Negeri Sipil yang diangkat melalui jalur Pendidikan Kedinasan yaitu : 3 (tiga) orang lulusan Institut  Pemerintahan  Dalam Negeri Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, 3 (tiga) orang lulusan Politeknik Transportasi Darat Indonesia Kementrian Perhuhubungan Republik Indonesia, dan 3 (tiga) orang lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Selaku Pejabat Pengambil Sumpah Pj. Wali Kota Probolinggo Dr. Nurkholis, S.Sos., M.Si., CIPA., CIHCM. dan bertindak sebagai saksi adalah Ir. RETNO FADJAR WINARTI Asisten Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah Kota Probolinggo dan SURYA DARMAWATI, S.I.Kom. Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia pada Sekretariat Daerah Kota Probolinggo dan  Rohaniawan  ANSORI, S.Ag.,M.PdI., M.Sy Penyelenggara Zakat dan Wakaf pada Kantor Kementrian Agama Kota Probolinggo. Hadir sebagai undangan dalam Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil dimaksud para Kepala Perangkat Daerah dimana Pegawai Negeril Sipil yang diambil sumpah berada antara lain FATCHUR ROZI, S.H., M.M. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Probolinggo, Dr. AGUS EFENDI, S.Sos., M.Si. Kepala Dinas Perhubungan Kota Probolinggo,  RATRI DIAN SULISTYAWATI, S.P., M.M. Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah Kota Probolinggo, dan DEUS NAWANDI, S.STP., M.Si. Camat Wonoasih Kota Probolinggo. Disamping itu hadir pula menyaksikan prosesi pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil AGUS HARTADI, S.H., M.Si. Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik pada Sekretariat Daerah Kota Probolinggo, SLAMET SWANTORO, S.P. Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan pada Sekretariat Daerah Kota Probolinggo, WAWAN SOEGYANTONO, S.E., M.M. Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Kota Probolinggo, dan MADIHAH, S.K.M. Asisten Administrasi Pemerintahan pada Sekretariat Daerah Kota Probolinggo.

“Harapan saya semoga Saudara-Saudara yang baru saja diambil sumpahnya sebagai Pegawai Negeri Sipil dapat memegang amanah dan mampu bertanggung jawab dalam setiap melaksanakan tugas selain itu Saudara sebagai unsur Aparatur Sipil Negara dituntut memiliki integritas, profesionalitas, netralitas, bebas dari intervensi politik, mampu menyelenggarakan pelayanan publik yang berkualitas bagi masyarakat serta mampu menjalankan peran sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945” demikian harap PJ. Wali Kota Probolinggo dalam sambutannya.

Acara ditutup dengan pemberian ucapan selamat kepada Pegawai Negeri yang telah diambil sumpah dari PJ. Wali Kota Probolinggo yang diikuti oleh seluruh pejabat yang hadir  dan dilanjut dengan sesi foto bersama

Kegiatan Kunjungan Kerja DPRD Provinsi Jawa Timur

Guna meningkatkan kualitas pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara Tahun 2024, Komisi A (Pemerintahan) DPRD Provinsi Jawa Timur melakukan Monitoring Persiapan Pelaksanaan Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara Tahun 2024 dengan melakukan kunjungan kerja ke BKPSDM Kota Probolinggo pada Hari Kamis Tanggal 22 Februari 2024. Rombangan Komisi A (Pemerintahan) DPRD Provinsi Jawa Timur sebanyak 13 orang yang dipimpin oleh Ketua Komis A Bapak Adam Rusdi didampingi oleh Kepala BKD Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala Bidang Perencanaan, Pengadaan, Pengolahan Data, dan Sistem Informasi Bapak Hasyim Asyhari, S.Sos, M.Si. dan Tenaga Ahli pada DPRD Provinsi Jawa Timur. Rombongan diterima oleh Sekretaris BKPSDM Kota Probolinggo Ibu Dra. Wahju Ratnawati, M.Si. didampingi pejabat BKPSDM Kota Probolinggo antara lain Kepala Bidang Formasi, Informasi, dan Mutasi Pegawai Bapak Mohammad Sholehudin, S.STP., M.Si., Kepala Bidang Pembinaan, Pengembangan, dan Kesejahteraan Pegawai Bapak Achmad Suaedi, S.AP, M.M., Asesor Ahli Madya Ibu Triani Prawanti, S.E., M.M. dan pejabat lain yang terkait.

Dalam sambutan selamat datang Ibu Wahju menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Komis A DPRD Provinsi Jawa Timur atas kunjungannya ke BKPSDM Kota Probolinggo dan berharap kunjungan ini membawa manfaat bagi kedua belah pihak serta permohonan maaf atas segala kekurangan dalam penyambutannnya. Sedangkan Bapak Adam Rusdi dalam penyampaian maksud dan tujuan kunjungan kerja ini mengatakan bahwa kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk memperoleh masukan dan informasi seputar Pengadan Calon Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo sekaligus diskusi seputar Pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara dan Penyelesaian Pegawai Non Aparatur Sipil Negara.

Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Kompetensi dalam rangka Pengadaan PPPK untuk JF Tenaga Guru Kota Probolinggo Tahun 2023

PENGUMUMAN
NOMOR : 800.1.2.3/143/425.002/2024
TENTANG
HASIL AKHIR SELEKSI KOMPETENSI
DALAM RANGKA PENGADAAN PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA 
UNTUK JABATAN FUNGSIONAL TENAGA GURU
DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA PROBOLINGGO
TAHUN ANGGARAN 2023

Sesuai dengan Surat Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia selaku Ketua Tim Pelaksana Seleksi Nasional Pengadaan Aparatur Sipil Negara 2023 Nomor : 13206.1/B-SI.02.01/SD/E.II/2023 Tanggal 23 Januari 2024 Perihal Penyampaian Hasil Seleksi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Jabatan Fungsional Guru Tahun 2023, maka bersama ini dapat kami sampaikan beberapa informasi sebagai berikut :

DOWNLOAD :

1. Surat Pengumuman

2. Lampiran Hasil Seleksi Kompetensi (versi rinci)

3. Lampiran Hasil Seleksi Kompetensi (versi ringkas)

Sosialisasi Ketaspenan dan Pembekalan Kewirausahaan Bagi PNS Menjelang Purna Tugas

Sebanyak 119 Pegawai Negeri Sipil yang akan memasuki Purna Tugas Periode 1 Februari 2024 – 1 Januari 2025 mengikuti Kegiatan Sosialisasi Ketaspenan dan Pembekalan Kewira Usahaan Bagi Pegawai Negeri Sipil Menjelang Purna Tugas di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo yang diselenggarakan oleh BKPSDM Kota Probolinggo. Kegiatan yang diselenggarakan pada Hari Kamis Tanggal 11 Januari 2024 bertempat di Aula BKPSDM Kota Probolinggo pembiayaannya di fasilitasi oleh PT. Taspen Cabang Malang. Maksud diselenggarakannnya kegiatan ini untuk meningkatkan layanan khususnya penyelesaian administrasi bagi PNS yang akan pensiun karena mencapai batas usia pensiun (BUP) serta meningkatkan wawasan kewirausahaan dalam menghadapi kehidupan pasca pensiun sekaligus dilakukan pemberkasan dan enrollmen serta pembekalan kewirausahaan.Sedangkan tujuannya agar pemberian hak-hak PNS yang akan pensiun karena BUP bisa tepat waktu selain itu PNS mempunyai kesiapan masa purna tugas khususnya dalam mengelola penghasilan. Adapun Materi kegiatan adalah Kewira Usahaan, Layanan PNS BUP dari PT. Taspen dan Sosialisasi Perbankan mitra Pemerintah Kota Probolinggo dan PT. Taspen.

Selaian Kepala BKPSDM Kota Probolinggo Bapak Fatchur Rozi, SH., M.M. hadir pada sosialisasi dimaksud  Branch Manager PT Taspen  Ibu Kuspriyani, SE., dan Manager Bank Mandiri Taspen Cabang Malang Ibu Sisca Prawitasari.

Penyelenggaraan Ujian Kenaikan Pangkat Pilihan Penyesuaian Ijazah Kota Probolinggo Tahun 2023

Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki tugas dalam melayani Masyarakat dan menyokong Pembangunan Daerah memerlukan kompetensi yang sesuai dengan bidang jabatannya serta dengan kualitas pendidikan yang terus dikembangkan dan ditingkatkan. Untuk dapat memberikan peluang kenaikan jenjang pangkat bagi Aparatur Sipil Negara yang memiliki ijazah strata 1 (S-1), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Probolinggo bekerjasama dengan Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya melaksanakan Ujian Kenaikan Pangkat Pilihan Penyesuaian Ijazah dengan sistem Computer Asissted Test (CAT).

Sebanyak 68 (Enam Puluh Delapan) orang peserta Aparatur Sipil Negara dari pangkat/golongan II/c dan II/d dari seluruh Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo mengikuti Ujian Kenaikan Pangkat Pilihan Penyesuaian Ijazah setelah melalui verifikasi berkas yang dilaksanakan oleh Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia Kota Probolinggo, Fatchur Rozi, S.H.,M.M di Ruang Ujian CAT Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya.

Dalam Sambutan serta Arahannya, Bapak Kepala BKPSDM Kota Probolinggo menyampaikan bahwa dalam melaksanakan Ujian Kenaikan Pangkat Pilihan Penyesuaian Ijazah diharapkan dapat mengerjakan secara jujur, bertanggung jawab, dan semangat hingga selesai ujian. Hal ini karena manfaat dan keberkahan Ujian Kenaikan Pangkat Pilihan Penyesuaian Ijazah akan kembali lagi kepada pengembangan karir peserta ujian.

Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Kab. Probolinggo ke Pemerintah Kota Probolinggo

Berbagai Inovasi yang dilakukan dan penghargaan yang diperoleh Pemerintah Kota Probolinggo menjadi magnet bagi Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk berkunjung ke Kota Probolinggo. Melalui kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP), Pemerintah Kabupaten Probolinggo melaksanakan kegiatan Studi Lapangan ke Pemerintah Kota Probolinggo dengan Lokus Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM serta Kecamatan Kademangan.

Sebanyak 30 (tiga puluh) orang peserta, 1 (satu) orang Widyaiswara Pembimbing (Coach) dari BPSDM Propinsi Jawa Timur dan 10 (sepuluh) orang panitia pendamping dari BKPSDM Kab. Probolinggo yang diantar langsung oleh Sekda Kab. Probolinggo, Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si diterima oleh Ibu Sekretaris Daerah Kota Probolinggo, drg. Ninik Ira Wibawati, M.QIH., dengan didampingi Plt. Kepala BKPSDM Kota Probolinggo  Dra. Wahju Ratnawati, M.Si di ruang Command Center Kantor Wali Kota Probolinggo, Selasa / 4 Juli 2023.

Dalam sambutan selamat datangnya, Ibu Sekda menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Probolinggo berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas Tata Kelola Birokrasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik yang cerdas (Smart Public Services). Hal ini terbukti dengan Bapak Wali Kota yang selalu concern kepada Sektor Pendidikan, Kesehatan dan IT melalui pemanfaatan aplikasi yang mendukung terwujudnya Pelayanan Publik dan Tata Kelola Birokrasi Pemerintahan yang cerdas (Smart Governance) diantaranya PORTAL EMAS (Probolinggo Smart Digital Melayani Mayarakat), SI-IJOL (Sistem Informasi Ijazah Online), E-PASPROHANDAL (Terkait Kinerja), Absensi Online (SIAP), SINERGI HANDAL (Sistem Informasi Kinerja Terintegrasi Hebat, Akurat Dan Akuntabel), SIPERDA (Sistem Informasi Persediaan Daerah), SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi), SIMPEG (Simtem Informasi Kepegawaian) dll. 

Sementara itu, Sekda Kab. Probolinggo, Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si yang didampingi Kepala BKPSDM Kab. Probolinggo, Hudan Syarifuddin, S.Sos., M.si dan Widyaiswara BPSDM Propinsi Jawa Timur Ir. Biasworo Adisuyanto Aka, MM menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan Studi Lapngan yaitu untuk menimbal ilmu dan sharing mengenai gambaran inovasi dan potensi Kota Probolinggo dalam penyelenggaraan pemerintahan yang nantinya dapat diadaptasi dan dimodifikasi untuk diterapkan di wilayah Kab. Probolinggo.

Ceremony penerimaan peserta studi lapangan diakhiri dengan dilakukan tukar menukar cinderamata dari kedua belah pihak. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan inovasi dari masing-masing lokus, diskusi dan dilanjutkan kunjungan lapangan ke sasaran lokus masing-masing perangkat daerah.

DOU ASN - Pemanfaatan Media Sosial dan Website sebagai Sarana Komunikasi dan Informasi di Era Digital

Dalam rangka Pembinaan dan Pengembangan Kompetensi Teknis Literasi Digital Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Probolinggo bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Dari Oleh Untuk Aparatur Sipil Negara (DOU ASN) dalam bentuk Pelatihan Teknis “Pemanfaatan Media Sosial dan Website sebagai Sarana Komunikasi dan Informasi di Era Digital” bagi ASN Pemerintah Kota Probolinggo.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan secara hybrid (daring dan klasikal) mulai tanggal 13 s.d 16 Maret 2023 dan terbagi dalam 2 (dua) angkatan. Angkatan pertama di laksanakan pada tanggal 13 s.d 14 Maret 2023 sedangkan angkatan kedua pada tanggal 15 s.d 16 Maret 2023 dengan total jumlah jam pelajaran (JP) adalah 20 (dua puluh) Jam Pelajaran (JP). Adapun sasaran peserta pelatihan adalah admin media sosial perangkat daerah yang mengikuti secara klasikal dan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo mengikuti secara daring.

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Probolinggo Ibu Dra. Wahju Ratnawati, M.Si pada tanggal 13 Maret 2023, dalam sambutannya Ibu Wahju berpesan “ Admin media sosial dan website perangkat daerah memiliki peranan penting dalam penyampaian informasi kepada masyarakat melalui media sosial dan website perangkat daerah agar informasi yang disampaikan tersebut dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh masyarakat, oleh karena itu Saya harapkan Bapak/Ibu peserta pelatihan dapat mengikuti dan memanfaatkan kegiatan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya”.  Turut hadir dalam acara pembukaan perwakilan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik.

Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bendahara Kota Probolinggo Tahun 2022

Dalam rangka Pembinaan dan Pengembangan Kompetensi Teknis Sumber Daya Aparatur Bendahara, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Probolinggo bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Propinsi Jawa Timur melaksanakan Kegiatan Diklat Peningkatan Kapasitas Bendahara mulai tanggal 14 s.d 17 Nopember 2022. Peserta Diklat adalah Bendahara Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran pada beberapa Perangkat Daerah dengan jumlah keseluruhan peserta sebanyak 25 (dua lima puluh) orang.

Bertempat di ruang pertemuan Majapahit Bale Hinggil Kota Probolinggo, Senin, 14 Nopember 2022 berlangsung kegiatan Pembukaan Pelatihan. Dalam laporannya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Probolinggo Bpk. Wahono Arifin, S.H, M.M menyampaikan bahwa Diklat ini dilaksanakan dengan maksud dalam rangka peningkatan kompetensi teknis bendahara penerimaan dan pengeluaran dalam pengelolaan keuangan daerah dan memenuhi kompetensi teknis sebagai syarat jabatan bendahara dengan tujuan APBD Kota Probolinggo dapat dikelola dengan benar berdasarkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam rangka terwujudnya smart governance

Kegiatan Diklat dibuka oleh Bapak Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya beliau berpesan “agar peserta Diklat dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya kegiatan diklat ini untuk meningkatkan kompetensi diri sebagai bendahara dalam rangka mendukung akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah di Kota Probolinggo”.

Turut hadir dalam acara pembukaan perwakilan dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Propinsi Jawa Timur Ibu Dra. Sri Rahayuningsih, M.Si Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Pengajaran, Asisten Administrasi Pemerintahan Sekda Kota Probolinggo serta Kepala Perangkat Daerah dan Camat terkait.

Postingan Populer